Pada
kesempatan kali ini saya akan menejlaskan analisis yang saya lakukan tentang
M-Banking.
Pada
dasarnya istilah bank syariah hanya digunakan di Indonesia, sedangkan di
negara-negara lain umumnya menggunakan istilah bank Islam (Islamic Bank) bagi
perbankan yang menjalankan prinsip-prinsip syariah. Bank syariah adalah bank
yang melaksanakan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip Islam, yaitu aturan
perjanjian (akad) antara bank dengan pihak lain (nasabah) berdasarkan hukum
Islam.
M-Banking adalah fasilitas layanan dalam pemberian
kemudahan akses maupun kecepatan dalam memperoleh informasi terkini dan
transaksi finansial secara real time. MBG dapat diakses oleh nasabah
perorangan melalui ponsel yang memiliki teknologi GPRS. Produk layanan BSM mobile
banking adalah saluran distribusi bank untuk mengakses rekening yang
dimiliki nasabah melalui teknologi GPRS dengan sarana telepon seluler (ponsel).
Pada minggu lalu saya
melakukan analisis tentang pandangan nasabah Bank Syariah Mandiri cabang
Ciracas, dan saya mencari data langsung ke tempat tersebut. Tujuan saya
melakukan analisis ini adalah adalah untuk mengetahui pandangan nasabah
bank syariah pada teknologi M-Banking.
Metode yang saya gunakan dalam melakukan analisis ini adalah survei ke tempat
tersebut dan membagikan kuesioner kepada 30 nasabah Bank
Syariah Mandiri cabang Ciracas.
Berikut
Kuesioner pada analisis saya:
KUESIONER
PENGARUH MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN
NASABAH DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG CIRACAS
Kuesioner ini bertujuan untuk mendapatkan
data dan informasi tanggapan responden terhadap Virtual Machine Teller
dikalangan nasabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Ciracas dengan menggunakan Technology Acceptance Model(TAM).
Mobile
banking merupakan
suatu produk jasa dari Bank Syariah Mandiri, perbankan bergerakan (mobile banking) adalah layanan perbankan
yang dapat diakses langsung melalui telepon seluler GSM dengan menggunakan SMS.
Bagi
bank menjadi penting sekali untuk mengetahui bagaimana persepsi nasabah
terhadap layanan mobile banking dan apakah nanti benar benar akan
mendatangkan keuntungan bagi nasabah. Sedangkan bagi nasabah,
kemudahan-kemudahan dalam memperoleh informasi keuangan dan melakukan transaksi
secara on-line, tanpa harus mengunjungi Bank tempat mereka menjadi
nasabah adalah hal yang terpenting.
PANDUAN PENGISIAN
Bagian I berupa
profil responden, anda hanya diminta untuk memberi tanda cek [ Ö ]
atausilang [ x ] padakotak yang sesuai.
Bagian II,
andadimintamengisisesuaidenganpernyataanpadakolomsangattidaksetuju,
tidaksetuju, ragu-ragu, setuju, sangatsetuju.
Atas
kesediaannya meluangkan waktu untuk mengisi kuesioner ini, saya sebagai
peneliti utama mengucapkan terimakasih.
Peneliti
Sugi Andriansyah
Mahasiswa Universitas Gunadarma
Bagian I
Profil Responden
Usia :............
Jenis Kelamin:
LakiLaki Wanita
Pendapatan
<
Rp.1.000.000 Rp.1.000.000
– Rp. 2.500.000 Rp.2.500.000 – Rp.5.000.000 > Rp.5.000.000
Berapa kali anda melaukan proses transaksi melalui ATM dalam satu
bulan?
=
1x 1x – 3x > 3x
Apakah anda mengetahui tentang Mobile Banking?
Ya Tidak
Bagian II
Pada
bagian ini, terdapat pernyataan yang berkaitan dengan Mobile Banking. Jawablah
pernyataan tersebut dengan member tanda cek[ Ö ] atau silang[ x ]
pada kolom jawaban.
|
Pernyataan
|
Sangattidak setuju
|
Tidak setuju
|
Ragu-ragu
|
Setuju
|
SangatSetuju
|
PU1
|
M-Banking akan meningkatkan efektifitas pelayanan kegiatan
perbankan
|
|
|
|
|
|
PU2
|
M-Banking akan meningkatkan kinerja pelayanan kegiatan perbankan
|
|
|
|
|
|
PU3
|
M-Banking akan meningkatkan produktifitas dalam pelayanan
kegiatan perbankan
|
|
|
|
|
|
PU4
|
Menurut saya M-Banking akan sangat bermanfaat
|
|
|
|
|
|
PEOU1
|
M-Banking akan mudah dipelajari dan digunakan
|
|
|
|
|
|
PEOU2
|
M-Banking akan fleksibel
|
|
|
|
|
|
PEOU3
|
M-Banking akan dapat mengontrol proses administrasi perbankan
|
|
|
|
|
|
ATU1
|
Saya menyukai menggunakan M-Banking
|
|
|
|
|
|
ATU2
|
Menggunakan M-Banking adalah ide yang bagus
|
|
|
|
|
|
ATU3
|
Menggunakan M-Banking adalah ide yang bijaksana
|
|
|
|
|
|
ATU4
|
Penggunaan M-Banking dinilai perlu
|
|
|
|
|
|
AU1
|
Saya berniat menggunakan M-Banking
|
|
|
|
|
|
AU2
|
Saya berniat akan menggunakan M-Banking lebih sering dari
mendatangi langsung bank untuk melakukan proses transaksi
|
|
|
|
|
|
Bagian I
Keusionernya
seperti diatas dan nasabah melakukan pengisian, berikut ini penjabaranya:
a. Profil
Responden Berdasarkan Usia
Untuk
mengetahui karakteristik responden berdasarkan usia dapat dilihat pada tabel
3.1 berikut ini:
Usia
|
Jumlah
Responden
|
Persentase
%
|
20 Tahun
|
6
|
20%
|
21 Tahun
|
12
|
40%
|
22 Tahun
|
8
|
26.67%
|
>= 23 Tahun
|
4
|
13.33%
|
Jumlah
|
30
|
100%
|
Tabel 3.1
Profil Responden Berdasarkan Usia
Dari
hasil yang didapat bahwa mayoritas responden dalam penelitian ini berusia 21 tahun.
b. Profil
Responden Berdasarkan Jenis Kelamin
Untuk mengetahui
karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin dapat dilihat pada tabel 3.2
berikut ini:
Jenis
Kelamin
|
Jumlah
Responden
|
Persentase
%
|
Pria
|
17
|
56.67%
|
Wanita
|
13
|
43.33%
|
Jumlah
|
30
|
100%
|
Tabel 3.2 Profil
Responden Berdasarkan Jenis Kelamin
Dari
hasil yang didapat bahwa mayoritas responden dalam penelitian ini adalah pria
c. Profil
Responden Berdasarkan Pendapatan
Untuk
mengetahui karakteristik responden berdasarkan pendapatan dapat dilihat pada tabel 3.3 berikut ini:
Pendapatan
|
Jumlah
Responden
|
Persentase
%
|
< Rp 1000.000
|
3
|
10%
|
Rp 1.000.000 - Rp
2.500.000
|
6
|
20%
|
Rp 2.500.000 - Rp
5.000.000
|
15
|
50%
|
> Rp
5.000.000
|
6
|
20%
|
Jumlah
|
30
|
100%
|
Tabel 3.3
Profil Responden Berdasarkan Pendapatan
Dari
hasil yang didapat bahwa mayoritas responden dalam penelitian ini adalah dengan
pendapatan Rp 2.500.000 - Rp 5.000.000
d. Profil
Responden Berdasarkan Tahu / Tidaknya Tentang Mobile Banking (M-Banking)
Untuk
mengetahui karakteristik responden berdasarkan tahu / tidaknya tentang
M-Banking yang dapat dilihat pada tabel
3.4 berikut ini:
Tahu
/ Tidak Tentang M-Banking
|
Jumlah
Responden
|
Persentase
%
|
Ya
|
24
|
80%
|
Tidak
|
6
|
20%
|
Jumlah
|
30
|
100%
|
Tabel 3.4
Profil Responden Berdasarkan Tahu / Tidaknya Tentang Mobile Banking (M-Banking)
Dari
hasil yang didapat bahwa mayoritas responden dalam penelitian ini adalah tahu
tentang M-Banking
Bagian
II
Berikut
diuraikan hasil tanggapan responden mengenai Mobile Banking dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada warga
berdasarkan tiap indikator.
1. Perceived
Usefulness
pada bagian kali ini akan diberikan dua buah
pertanyaan yang diajukan, Berikut penjabaranya:
Pertanyaan pertama,
M-Banking akan meningkatkan efektifitas pelayanan kegiatan perbankan?
Semua responden menjawab
setuju
Pertanyaan
kedua, Menurut
saya M-Banking akan sangat bermanfaat?
Responden
mayoritas menjawab setuju berjumlah 23 orang, kemudian ragu-ragu ada 5 orang,
sangat setuju ada 2 orang
2. Perceived Ease
of Use
pada bagian kali ini akan diberikan tiga buah
pertanyaan yang diajukan, Berikut penjabaranya:
Pertanyaan
pertama, M-Banking akan mudah
dipelajari dan digunakan?
Responden
mayoritas menjawab Setuju berjumlah 22 orang dan ragu-ragu berjumlah 8 orang
Pertanyaan
kedua, M-Banking
akan fleksibel?
Responden
mayoritas menjawab Setuju berjumlah 20 orang dan ragu-ragu berjumlah 10 orang
Pertanyaan
ketiga, M-Banking
akan dapat mengontrol proses administrasi perbankan?
Responden
mayoritas menjawab Setuju berjumlah 20 orang, ragu-ragu berjumlah 8 orang dan
sangat setuju ada 2 orang
3.
Attitude
Toward Using
Pada bagian kali ini akan diberikan tiga buah
pertanyaan yang diajukan, Berikut penjabaranya:
Pertanyaan
pertama, Saya menyukai menggunakan
M-Banking?
Responden
mayoritas menjawab Setuju berjumlah 20 orang, tidak setuju berjumlah 1 orang
dan ragu-ragu ada 9 orang.
Pertanyaan
kedua, Menggunakan M-Banking
adalah ide yang bagus?
Responden
mayoritas menjawab Setuju berjumlah 29 orang, tidak setuju berjumlah 1 orang,
ragu-ragu ada 8 orang, dan sangat setuju ada 2 orang.
Pertanyaan
ketiga, Menggunakan M-Banking
adalah ide yang bijaksana?
Responden
mayoritas menjawab Setuju berjumlah 16 orang, tidak setuju berjumlah 1 orang
dan ragu-ragu ada 13 orang.
Pertanyaan
keempat, Penggunaan M-Banking
dinilai perlu?
Responden
mayoritas menjawab Setuju berjumlah 20 orang, ragu-ragu ada 8 orang dan sangat
setuju ada 2 orang
Keterangan:
SS = Sangan Tidak Setuju RR
= Ragu-ragu SS = Sangat Setuju
TS = Tidak Setuju S
= Setuju
sekian penjelasan analisis dari saya kurang
lebihnya mohon maaf.
Terimakasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar