Sabtu, 23 Maret 2013

Pemimpin Dengan Luas Wilayah 2/3 Lautan

pertanyaan dari dosen softskill,
"Tuliskan khayalan anda jika jadi pemimpin dengan luas wilayah 2/3 lautan?"

Negara indonesia di kenal sebagai Negara kepulauan yang memiliki potensi Sumberdaya alam yang cukup besar. Sebagai Negara yang banyak memiliki pulau, Indonesia dianugerahi laut yang begitu luas dengan berbagai sumber daya ikan di dalamnya. Potensi sumber daya perikanan tersebut tersebar di seluruh wilayah laut nusantara.
  
Berikut jika saya jadi pemimpin dengan nluas wilayah 2/3 lautan:
  • Saya akan merubah Paradigma (mind set) masyarakat Indonesia yang saat ini agraris menjadi Negara maritime kembali. Karena dari jaman kerajaan Indonesia merupakan Negara yang berwawasan maritim

  • Mengingat potensi sumber daya laut yang kita miliki sangat besar, maka kekayaan laut ini harus menjadi keunggualan kompetitif Indonesia, yang dapat menghantarkan bangsa kita menuju bangsa yang adil, makmur, dan mandiri.

  • Perlu adanya peningkatan produksi kelautan kita dengan cara memberikan penyuluhan kepada para nelayan, pemberian kredit ringan guna membeli perlengkapan untuk menangkap ikan yang lebih memadai

  • pembangunan pelabuhan laut yang besar guna bersandarnya kapal-kapal ikan yang lebih besar.

  • harus ada perhatian terhadap sektor wisata bahari dengan adanya perbaikan mencakup penguatan dan pengembangan obyek wisata bahari dan pantai, pelayanan, pengemasan serta promosi yang gencar dan efektif.

  • Dibutuhkan kesinergisan dari banyak pihak (institusi) yang memiliki kewajiban dan tanggung jawab dalam pengembangan kelautan. Baik secara langsung maupun tidak langsung, agar manajemen pengelolaan laut ini dapat berhasil dengan optimal.

  • Pemerintah dan masyarakat harus selalu bekerjasama agar dapat memanfaatkan kekayaan laut secara optimal dan terarah. Sehingga dapat meningkatkan ekonomi kelautan, yang juga akan meningkatkan ketahanan ekonomi nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Albar Residence | Citayem (Cash atau KPR Syariah)

  Bismillaah Solusi Rumah Syariah Murah untuk anda yang bekerja di Jakarta, Dekat dengan Stasiun. Albar Residence  Dengan lokasi yang dekat ...