Sabtu, 16 Maret 2013

Makanan Favorit "GEMBUS"


Gembus adalah salah satu makanan tradisional khas Cilacap. Bentuknya unik seperti donat putih, rasanya gurih, renyah dan empuk saat panas dan sedikit kenyal bila mulai dingin. Gembus cocok disantap saat masih panas, lebih enak lagi bila dicocol dengan sambal pedas Indofood atau semacamnya. Terlebih disaat udara sedang dingin.


Gembus merupakan gorengan yang terbuat dari ketela pohon atau orang Cilacap menyebutnya budin. Bahan baku gembus sangat mudah didapat. Ketela dipilih yang empuk ( mempur ), setelah dikupas kemudian dikukus ( didang ) selanjutnya ditumbuk menyerupai gethuk. Setelah menjadi adonan menyerupai gethuk kemudian dibentuk seperti donat kecil-kecil. Selesai digiling dan dibentuk seperti donat selanjutnya dianginkan beberapa saat.


  Untuk memasaknya Gembus bahan digoreng sampai mengembang dan empuk ketika digigit. Cara menggorengnya dengan cara dipasang pada batang besi lalu dicelupkan di wajan dengan minyak goreng panas, seperti pada foto pertama. Harganya? sangat murah.


Setiap pulang kampung dari jawa pasti oleh-oleh utama saya adalah gembu, karena ini makan favorit saya, donat jawa.

1 komentar:

Albar Residence | Citayem (Cash atau KPR Syariah)

  Bismillaah Solusi Rumah Syariah Murah untuk anda yang bekerja di Jakarta, Dekat dengan Stasiun. Albar Residence  Dengan lokasi yang dekat ...